Pencegahan Virus Covid-19

1. Rajin Mencuci Tangan

Cara pencegahan pertama yang harus kamu terapkan sehari-hari adalah rajin mencuci tangan. Hal ini karena sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan.

Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir diyakini sangat efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk juga virus Corona.

Dengan terus menjaga kebersihan tangan membuat kamu memiliki risiko rendah terjangkit berbagai penyakit.

 

2. Gunakan Masker Saat Berpergian Keluar Rumah

Selain mencuci tangan upaya lain yang bisa kamu lakukan untuk menghindari virus Corona adalah dengan cara menghindari bepergian ke luar rumah.

Jika terpaksa harus pergi, pakailah masker. Jangan melepas masker sembarangan.

Segera hubungi petugas kesehatan terdekat jika kondisi kesehatan semakin memburuk. Mintalah bantuan tenaga medis.

Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya kamu pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama. Selanjutnya ikutilah arahan petugas kesehatan setempat.

 

3. Hindari Berjabat Tangan dan Berpelukan

Menghindari kontak kulit seperti berjabat tangan mampu mencegah penyebaran virus Corona. Untuk itu saat ini menghindari kontak adalah cara terbaik.

Harus selalu kamu ingat bahwa tangan dan wajah bisa menjadi media penyebaran virus Corona.

 

4. Hindari Menyentuh Area Wajah

Penting untuk diperhatikan bahwa virus Corona dapat menyerang tubuh melalui area segitiga wajah, seperti mata, mulut, dan hidung. Area segitiga wajah rentan tersentuh oleh tangan, sadar atau tanpa disadari.

Maka dari itu menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah bersentuhan dengan benda atau bersalaman dengan orang lain menjadi cara untuk mencegah tertular dari virus Corona.

 

5. Etika Saat Bersin dan Batuk

Satu di antara penyebaran virus Corona bisa melalui udara. Ketika kamu bersin dan batuk, tutup mulut dan hidung agar orang yang ada di sekitar tidak terpapar percikan kelenjar liur.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tisu ketika menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. Cuci tangan kamu hingga bersih menggunakan sabun agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang tertinggal di tangan.

 

6. Jangan Berbagi Barang Pribadi

Virus Corona mampu bertahan di permukaan hingga tiga hari. Penting untuk tidak berbagi peralatan makan, sedotan, handphone, dan sisir.

Gunakan peralatan sendiri demi kesehatan dan mencegah terinfeksi virus Corona.

 

7. Bersihkan Perabotan Rumah

Tak hanya menjaga kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan tempat kamu tinggal juga penting. Gunakan disinfektan untuk membersihkan perabotan yang ada di rumah.

Kamu bisa memulai dengan membersihkan permukaan perabotan rumah yang rentan tersentuh, seperti gagang pintu, meja, furnitur, laptop, handphone, apa pun, secara teratur.

Kamu juga bisa membuat cairan disinfektan buatan sendiri di rumah menggunakan cairan pemutih dan air. Bersihkanlah perabotan rumah secara teratur dua kali dalam sehari.

 

8. Hindari Berkumpul dalam Jumlah Banyak

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia telah membuat peraturan untuk tidak melakukan aktivitas keramaian selama pandemi virus Corona. Tak hanya tempat umum, seperti tempat makan, gedung olah raga, tetapi tempat ibadah saat ini harus mengalami dampak tersebut.

Tindakan tersebut tak lain merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Virus Corona dapat ditularkan melalui makanan, peralatan, hingga udara. Untuk saat ini, dianjurkan lebih baik melakukan aktivitas di rumah agar pandemi virus Corona cepat berlalu.

 

9. Jaga Jarak Sosial

Satu di antara pencegahan penyebaran virus Corona yang efektif adalah jaga jarak sosial. Pemerintah telah melakukan kampanye jaga jarak fisik atau physical distancing.

Dengan adanya penerapan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, kamu sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Jaga jarak kamu dengan orang lain sekitar satu meter.

Jaga jarak fisik tak hanya berlaku di tempat umum, di rumah pun juga bisa kamu terapkan.

 

10. Mencuci Bahan Makanan

Selain mencuci tangan, mencuci bahan makanan juga penting dilakukan. Rendam bahan makanan, seperti buah-buah dan sayur-sayuran menggunakan larutan hidrogen peroksida atau cuka putih yang aman untuk makanan.

Simpan di kulkas atau lemari es agar bahan makanan tetap segar ketika ingin dikonsumsi. Selain untuk membersihkan, larutan yang digunakan sebagai mencuci memiliki sifat antibakteri yang mampu mengatasi bakteri yang ada di bahan makanan.

 

11. Jangan Berpegangan Pada Tiang

Cara mencegah virus Corona lainnya bisa mulai kamu terapkan dengan tidak berpegangan pada tiang secara sembarangan. Tahukah kamu bahwa tiang pada gerbong kereta atau pegangan tangan di bagian atas merupakan tempat berkumpulnya virus dan bakteri.

Bayangkan ada berapa ratus orang atau ribu orang yang pernah memegang tiang atau pegangan tangan tersebut. Mungkin banyak yang tidak mencuci tangan. Maka dari itu sebisa mungkin, kamu menghindari untuk memegang tiang di dalam transportasi umum sebagai bentuk pencegahan.

Kamu tidak mungkin tidak menyentuh tiang tersebut atau pegangan tangan. Mungkin yang bisa kamu lakukan adalah mencuci tangan atau membersihkan tangan setelah sampai di stasiun tujuan.

 

12. Sering Membersihkan Layar Ponsel

Selain tiang ternyata layar ponsel juga merupakan salah satu tempat paling kotor. Memangnya kamu selalu mencuci tangan saat menyentuh layar ponselmu? Maka dari itu kalau bisa, kamu harus menghindari pemakaian telepon di areal umum apalagi saat menggunakan transportasi massal.

Selain itu, kamu juga bisa mulai menerapkan kebiasaan rajin membersihkan layar ponsel kamu secara rutin dengan menggunakan alkohol. Biasakan juga mencuci tangan sebelum menggunakan telepon.