Detail Berita

PERAN PEMERINTAHAN DESA DALAM MENGATASI PERMASALAHAN PELAYANAN DASAR BAGI MASYARAKAT MISKIN

KARANGPLOSO - Dalam rangka mencari solusi dari permasalahan pelayanan dasar terkait bantuan sosial, Kecamatan Karangploso menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion Peran Pemerintahan Desa Dalam Mengatasi Permasalahan Pelayanan Dasar Bagi Masyarakat Miskin bersama instansi terkait bertempat di Pendopo Kecamatan Karangploso, Kamis (22/09/2022).

Kegiatan diselenggarakan karena banyaknya rintangan yang dihadapi Pemerintah Desa terkait pelayanan dan belum menemukan titik terang atau solusinya. Pelayanan dasar bagi masyarakat miskin terdiri dari :

1. Surat menyurat : Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

2. Kesehatan (BPJS, KIS)

3. Pendidikan (KIP)

4. Kesejahteraan (Bansos, BLT, BNPT, PKH)

Jika keluhan masyarakat miskin tidak ditangani secara serius akan menimbulkan dampak masalah sosial. Oleh karena itu kegiatan ini diselenggarakan agar menjadi wadah koordinasi antar sektor yang berhubungan. Narasumber dalam kegiatan merupakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang Bapak Sodikul Amin, Bapak H. Achmad Andi, S.H., M.Hum. dari Komisi IV, Bapak Ahmad Daniyal dari Komisi III dan Bapak Susiyono dari Komisi I. Menurut Wakil Ketua DPRD Bapak Sodikul Amin, "Masyarakat yang berada di garis kemiskinan menjadi salah satu fokus utama pemerintah, terpenuhinya hak-hak dasar akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat, maka dari itu Pemerintah perlu melakukan optimalisasi terhadap peningkatan pelayanan dasar bagi masyarakat, guna tercapainya masyarakat yang makmur dan sejahtera dan terselenggaranya keadilan dan pemerataan".

Turut hadir perwakilan BPJS Kesehatan Malang, Dinas Sosial Kabupaten Malang, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), PT. Bank Negara Indonesia (Persero) dan PT. Pos Indonesia (Persero) yang membantu memberikan arahan, kejelasan serta teknis pelayanan dasar. Peserta untuk kegiatan merupakan perwakilan dari 9 Desa yang berada di wilayah Kecamatan Karangploso. Peserta terdiri dari Sekretaris Desa, Kasi Pelayanan Desa, Operator SIKS-NG, Penggiat Sosial Desa, Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Pendamping Desa dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Camat Karangploso Bapak Drs. Dwi Ilham Prastyanto mengharapkan agar peserta aktif dalam FGD agar permasalahan yang ada di setiap desa dapat terselesaikan dengan baik dan tidak terluang kembali serta kualitas pelayanan publik meningkat masyarakat sejahtera. Kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Tidak hanya itu, FGD akan berlanjut pada pembahasan lebih rinci terkait teknis dan aturan yang akan dilaksanakan pada rapat koordinasi lintas sektor.

Berita Lain