Detail Berita

KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG, STOP STUNTING DENGAN MENCEGAH PERNIKAHAN DINI !

KARANGPLOSO - Guna upaya menjaga angka stunting tetap rendah dengan percepatan pencegahan pernikahan dini, Kecamatan Karangploso mengambil langkah melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui Kader Desa dan Lembaga Desa. Kegiatan kali ini dilaksanakan di Pendopo Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan penyuluhan yang dikemas dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Peran Kader dan Lembaga Desa Dalam Pencegahan Pernikahan Dini" dihadiri narasumber dari Anggota DPRD Kabupaten Malang, Bapak Ali Murtadlo dari Komisi III, Bapak Amarta Faza, S.T dari Komisi III dan Bapak M. Taufiq, S.Pdl dari Komisi I. Turut hadir instansi terkait lainnya yang akan memberi arahan untuk percepatan pencegahan pernikahan dini, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Malang, Dinas Sosial Kabupaten Malang, KUA Kecamatan Karangploso, Puskesmas Karangploso dan PLKB Kecamatan Karangploso. 

Pernikahan dini membawa banyak dampak buruk, salah satunya angka stunting yang terus melonjak. Hal ini disebabkan kurang siapnya pasangan suami istri dibawah umur mengenai asupan gizi yang cukup semasa kehamilan, kematangan psikologis dan pengetahuan tentang pola asuh yang benar. Percepatan penurunan stunting difokuskan pada area pencegahan bukan pada pengobatan. Sehingga pendataan, pendampingan dan penyuluhan telah dimulai saat mendaftar sebagai calon pengantin hingga nantinya hamil dan melahirkan. Angka stunting di Kecamatan Karangploso rendah, tetapi penanganan tidak boleh kendor. Stop Stunting dengan Mencegah Pernikahan Dini!

Berita Lain