Detail Berita

KECAMATAN KARANGPLOSO DORONG STRATEGI PEMBERDAYAAN PETANI DAN PETERNAK BERORIENTASI AGRIBISNIS

KARANGPLOSO - Dalam rangka meningkatkan keahlian Petani dan Peternak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan judul "Strategi Pemberdayaan Petani dan Peternak Berorientasi Agribisnis bertempat di Balai Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Camat Karangploso Indra Gunawan, S.Sos menghadiri dan menjadi moderator dalam kegiatan ini (2/11/2021).

Agribisnis adalah salah satu potensi luar biasa yang bisa diterapkan di Desa Kepuharjo, mengingat adanya potensi bercocok tanam dan berternak di desa tersebut. Kebutuhan akan pangan sangatlah tidak terbatas, sehingga agribisnis adalah bisnis yang punya peluang cukup besar di masa kini maupun di masa yang akan datang. Hasil olahan pertanian dan peternakan yang dapat dikembangkan seperti tanaman obat, sayuran untuk konsumsi, susu, daging, pupuk dan masih banyak yang lainnya. Narasumber yang hadir merupakan anggota DPRD Kabupaten Malang, Dra. Tutik Yunarni dari Komisi III, Sudarman, S.Pd dari Komisi III, Fitri Yuhana dari Komisi II dan Wahyu Indriyanti dari Komisi I. 

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Peserta yang hadir perwakilan Kelompok Tani Desa Kepuharjo, Petani dan Peternak Desa Kepuharjo. Kepada peserta dijelaskan cara pengelolaan hingga pemasaran produk pertanian dan peternakan dengan cara modern. Petani dan Peternak harus mau belajar dan maju agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing pasar.

Turut hadir perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Dinas Peternakan Kabupaten Malang, POPT Karangploso dan PPL Karangploso yang berperan memberikan arahan dan membantu Desa Kepuharjo dalam mewujudkan Desa Agribisnis. Kebutuhan akan pangan sangatlah tidak terbatas, sehingga agribisnis adalah bisnis yang punya peluang cukup besar dan menguntungkan di masa kini maupun di masa yang akan datang. Agribisnis dapat meningkatkan perkonomian Petani dan Peternak Desa Kepuharjo serta penyerapan tenaga kerja di Desa kepuharjo. Hal ini yang menjadi tujuan kegiatan FGD diselenggarakan. Kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar.

Berita Lain