Detail Berita

CAMAT KARANGPLOSO HADIRI PASAR IBU DALAM RANGKA HARI BATIK NASIONAL

KARANGPLOSO - Camat Karangploso Indra Gunawan, S.Sos mendampingi Bupati Malang Drs. H .M. Sanusi menghadiri Pasar Ibu dalam rangka Hari Batik Nasional bertempat di Pendopo Rest Area Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang (03/10/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut anggota komisi IX DPR RI, H. Ali Ahmad, Ketua TP. PKK Kabupaten Malang Hj. Anis Zaida, Ketua TP. PKK Kecamatan Karangploso, Muspika Kecamatan Karangploso, Ketua Panitia Acara Pasar Ibu dan Kelompok Batik Kalosa Karlos. Acara ini diselenggarakan oleh Paguyuban Batik Kalosa Karlos untuk memperingati Hari Batik Nasional yang ditetapkan tanggal 2 Oktober. Batik sebagai warisan budaya tidak hanya dilestarikan, tetapi juga harus dikembangkan agar nilai ekonominya meningkat.

Acara dimulai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Malang serta dilanjutkan dengan doa bersama berharap batik di Kabupaten Malang terus berkembang. Acara berlanjut dengan adanya pameran batik hasil kerajinan paguyuban Batik dan produk UMKM Kecamatan Karangploso lainnya. Selain itu, pengunjung yang hadir dalam Pasar Ibu dapat mengikuti gratis membatik yang dipandu oleh panitia.

Tujuan diselenggarakan acara ini agar masyarakat lebih peduli terhadap perajin batik, dengan bangga dan mau membeli dan menggunakan Batik Indonesia pada setiap kesempatan. UMKM semakin berkembang, pengrajin dapat bertahan di masa pandemi dan ekonomi masyarakat akan terus meningkat.

Berita Lain