PANEN PADI BERSAMA MENGGUNAKAN COMBINE HARVESTER

PANEN PADI BERSAMA MENGGUNAKAN COMBINE HARVESTER

0 356

pada hari ini kamis tanggal 31 maret 2016 bertempat di kelompok tani Margi Rukun 1 Dusun Dawuhan Desa Tegalgondo Kecamatan Karangploso telah dilaksanakan “ panen bersama tanaman padi dengan menggunakan alat panen padi  COMBINE HARVESTER “ .

acara tersebut dihadiri oleh :

  1. Kodim 0818
  2. Kepala Bulog divre 4 malang
  3. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang
  4. Kepala BKP3 Kabupaten Malang
  5. Camat Karangploso
  6. Danramil Karangploso
  7. Kepala Desa Tegalgondo
  8. Ketua dan Anggota Kelompok Tani Margi Rukun 1

pada acara tersebut diawali dengan panen dilaksanakan secara simbolis dengan panen padi oleh dandim,kepala dinas dan muspika karangploso dan dilanjutkan dengan penerapan tehnologi tepat guna yaitu alat panen padi combine harvester.

adapun tujuan dari acara ini, yaitu :

  1. Pembinaan kepada kelompok tani margi rukun 1 desa tegalgondo khususnya dan pada kelompok tani yang ada di kecamatan karangploso yang sejumlah 56 kelompok tani dan 9 gapoktan.
  2. Pelaksanaan dan evaluasi dalam rangka pencapaian dari program kedaulatan pangan tingkat kecamatan.
  3. Penerapan tehnologi tepat guna dalam panen padi secara modern, karena selama ini menggunakan cara panen yang konvensional yang dirasa sangat berpengaruh besar pada waktu dan biaya pada saat panen.
  4. Sosialisasi dan pembinaan terhadap tehnologi pertanian dengan membandingkan hasil dari bibit yang dialokasikan unggulan hibrida dengan pembibitan dari bibit non hibrida.

harapan, saran dan masukan :

  1. Para petani diharapkan dapat mempertahankan produksi pangan karena saat ini banyak lahan yang berubah dialihkan menjadi lahan perumahan.
  2. Petani dapat melaksanakan dan menerapkan tehnologi tepat guna dengan memanfaatkan bantuan alat pertanian baik dari pusat maupun dari kabupaten malang.
  3. Petani dapat meningkatkan hasil pertanian, baik dari segi kapasitas hasil dan nilai jual hasil pertanian.
  4. Pemerintah kabupaten diharapkan dapat melindungi para petani guna mencapai program dari kedaulatan pangan.
  5. Mengingat sulitnya mendapatkan tenaga kerja bidang pertanian, maka diperlukan banyak peralatan dan mesin pertanian sebagai wujud dukungan terhadap program kedaulatan pangan
  6. Terkait program penyerapan gabah, kendala di wilayah karangploso harganya jauh lebih tinggi dibanding harga serapan bulog. Untuk itu butuh kebijakan mengenai permasalahan tersebut
  7. Kelompok tani di wilayah karangploso belum berbadan hukum, diharapkan ada fasilitasi dari pihak terkait agar bisa mengakses berbagai kegiatan yang mensyaratkan badan hukum.

panen bersama 1 panen bersama 2 panen bersama 3 panen bersama 4 panen bersama 5

Comments are closed.