Pariwisata

0 57

 

KARANGPLOSO –  merupakan salah satu sentra pengembangan hortikuktura di Kabupaten Malang. Diantaranya terletak di desa Donowarih. Didesa tersebut, petani hortikultura sudah terbiasa melakukan budidaya hortikultura ramah lingkungan bahkan diantaranya mengarah ke organik.
Melalui APBN 2018, Desa Donowarih terpilih menjadi salah satu lokasi Pengembangan Desa Pertanian Organik (DPO) bidang hortikultura. Dengan potensi lahan seluas hampir 80 ha, Desa Donowarih siap mensukseskan kegiatan DPO. Salah satu komoditas yg menjadi andalan dalam pengembangan DPO bidang hortikultura, adalah Jeruk Keprok Batu55, pada hamparan kurang lebih 2 hektar. Penerima bantuan fasilitasi pengembangan DPO adalah Gapoktan Sumber Rezeki IV, dg bantuan berupa input produksi selain bibit. Pada saat melakukan kunjungan lokasi pertanaman, 4 September 2018, petani sdh mempersiapkan lahan yang telah ditanami bibit jeruk kuranglebih 1 bulan secara organik. Pada lahan tersebut telah dipersiapkan bedengan sela, yg akan dimanfaatkan utk menanam sayuran (tumpangsari), secara organik pula, yg akan dimulai pd awal musim hujan. Utk penyediaan benih sayuran dilakukan secara swadaya oleh Gapoktan Sumber Rejeki.
Sayuran yg akan dibudidayakan secara organik adalah aneka cabai.
Koordinasi pelaksanaan DPO di Kec. Karangploso telah dilakukan sebelum kunjungan lapang, bersama Camat Karangploso, Kepala Desa Donowarih UPTD BPTPH Provinsi Jawa Timur & Petugas POPT wilayah Kabupaten Malang.
Selain Donowarih, juga dialokasikan kegiatan DPO Hortikultura di Desa Tawanglegok dg komoditas aneka sayuran.
Dalam kesempatan koordinasi tsb, Camat Karangploso optimis, melalui kegiatan DPO bidang hortikultura, dapat memacu semangat petani utk memperluas area budidaya organik, di Kecamatan Karangploso.

nurhadi2 nurhadi3 nurhadi1

* Sumber Nurhadi Luke UPTD Pertanian Karangploso

 

0 549

pada hari ini kamis tanggal 31 maret 2016 bertempat di kelompok tani Margi Rukun 1 Dusun Dawuhan Desa Tegalgondo Kecamatan Karangploso telah dilaksanakan “ panen bersama tanaman padi dengan menggunakan alat panen padi  COMBINE HARVESTER “ .

acara tersebut dihadiri oleh :

  1. Kodim 0818
  2. Kepala Bulog divre 4 malang
  3. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang
  4. Kepala BKP3 Kabupaten Malang
  5. Camat Karangploso
  6. Danramil Karangploso
  7. Kepala Desa Tegalgondo
  8. Ketua dan Anggota Kelompok Tani Margi Rukun 1

pada acara tersebut diawali dengan panen dilaksanakan secara simbolis dengan panen padi oleh dandim,kepala dinas dan muspika karangploso dan dilanjutkan dengan penerapan tehnologi tepat guna yaitu alat panen padi combine harvester.

adapun tujuan dari acara ini, yaitu :

  1. Pembinaan kepada kelompok tani margi rukun 1 desa tegalgondo khususnya dan pada kelompok tani yang ada di kecamatan karangploso yang sejumlah 56 kelompok tani dan 9 gapoktan.
  2. Pelaksanaan dan evaluasi dalam rangka pencapaian dari program kedaulatan pangan tingkat kecamatan.
  3. Penerapan tehnologi tepat guna dalam panen padi secara modern, karena selama ini menggunakan cara panen yang konvensional yang dirasa sangat berpengaruh besar pada waktu dan biaya pada saat panen.
  4. Sosialisasi dan pembinaan terhadap tehnologi pertanian dengan membandingkan hasil dari bibit yang dialokasikan unggulan hibrida dengan pembibitan dari bibit non hibrida.

harapan, saran dan masukan :

  1. Para petani diharapkan dapat mempertahankan produksi pangan karena saat ini banyak lahan yang berubah dialihkan menjadi lahan perumahan.
  2. Petani dapat melaksanakan dan menerapkan tehnologi tepat guna dengan memanfaatkan bantuan alat pertanian baik dari pusat maupun dari kabupaten malang.
  3. Petani dapat meningkatkan hasil pertanian, baik dari segi kapasitas hasil dan nilai jual hasil pertanian.
  4. Pemerintah kabupaten diharapkan dapat melindungi para petani guna mencapai program dari kedaulatan pangan.
  5. Mengingat sulitnya mendapatkan tenaga kerja bidang pertanian, maka diperlukan banyak peralatan dan mesin pertanian sebagai wujud dukungan terhadap program kedaulatan pangan
  6. Terkait program penyerapan gabah, kendala di wilayah karangploso harganya jauh lebih tinggi dibanding harga serapan bulog. Untuk itu butuh kebijakan mengenai permasalahan tersebut
  7. Kelompok tani di wilayah karangploso belum berbadan hukum, diharapkan ada fasilitasi dari pihak terkait agar bisa mengakses berbagai kegiatan yang mensyaratkan badan hukum.

panen bersama 1 panen bersama 2 panen bersama 3 panen bersama 4 panen bersama 5

0 480

Selasa, 2 Juni 2015

Jalan Sehat MADEP MANTEB dalam rangka HUT PDAM KE 34 yang dilaksankan di Rest Area Karangploso tepatnya di Desa Donowarih Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang dengan peserta jalan sehat ±15.000 peserta. Panitia Jalan Sehat menyediakan banyak hadiah dan hadiah utamanya adalah 1 unit sepeda motor matic.

pada kegiatan jalan sehat ini dihadiri oleh ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, para pimpinan SKPD, Muspika Kecamatan Karangploso.

Dalam sambutannya Ibu Yayuk Rendra Kresna memberikan apresiasi kepada masyarakat karangploso yang ikut memeriahkan acara jalan sehat tersebut, serta memberikan pesan agar tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan.

Jalan sehat 2 Jalan Sehat 3 Jalan Sehat 4

 

0 1002

Acara selamatan Desa Ngijo dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 Nopember 2014 kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Bupati Malang. Acara diawali dengan arak-arakan tumpeng yang dilepas oleh Bapak Bupati Malang dari depan Balai Desa Ngijo menuju Petren Desa. Selanjutnya ditempat tersebut dilaksanakan upacara adat dan makan siang bersama.

bersih desa ngijo bersih desa ngijo 3 bersih desa ngijo 2